Mengenal Meta Tag
Jika anda ingin belajar SEO tempatnya bukan disini, karena sudah ada Guru / Master kita di indonesia, siapa lagi kalau bukan si culun CosaAranda ( ^_^) bcanda mas, kaburrrr.
Dalam SEO ( Search Engine Optimization / Optimaisasi Mesin Pencari ), mengenal Meta Tag adalah salah satu faktor untuk belajar SEO. Karena Meta Tag tidak kalah pentingnya dengan content yang kita tulis di blog kita atau website kita, maka mengenal kita harus belajar mengenal yang namanya Meta Tag.
Pada dasarnya, Meta Tag adalah informasi tambahan atau metadata pada webpage dan digunakan oleh sebagian Search Engine untuk mecari informasi suatu website. Meta tag terletak diantara tag head ( <head> ) dan ditulis sebagai berikut:
<meta name="..." content="..." />
Attribute
Dasar
name
adalah nama meta, attribute ini dibutuhkan.
content
adalah nilai dari attribute name
Tingkat Lanjut
http-equiv
attribute ini menempati attribute name, Web server menggunakan attribute ini digunakan untuk mengambil informasi pada protokol HTTP untuk merespon pesan header.
scheme
attribute ini jarang digunakan, biasanya digunakan oleh webmaster professional
Macam-macam Meta Tag
Dalam blog resmi Google khusus untuk webmaster, ada beberapa jenis meta tag yang digunakan untuk mendngkrak kepopuleran kita di mesin Pencari.
<meta name="description" content="Deskripsi tentang situs anda">
Digunakan untuk menampilkan penjelasan / deskripsi singkat tentang situs atau blog anda. Informasi pada attribute content akan ditampilkan di halaman search result / hasil pencarian google.
<meta name="keywords" content="artikel, blog, pelajaran SEO">
Meta keyword berisi tentang kata kunci untuk website atau blog kita. Dipisahkan dengan koma. Keyword juga berperan penting pada SEO. Pemberian meta keyword ini sangat efektif jika anda ingin situs atau blog anda terpampang pada 10 besar hasil pencarian.
<meta name="robots" content="�, �">
<meta name="googlebot" content="�, �">
Kedua meta tersebut mengontrol bagaimana SE ( Search Engine / Mesin pencari ) meng- crawl dan mengindex halaman kita. Meta robots digunakan hampir di semua SE, sedangkan meta googlebot dikhusuhkan hanya untuk mengontrol SE Google.
Adapun attribute content pada robots memiliki dua parameter yang dapat diisi dengan :
index, noindex, follow, nofollow
Contoh :
<meta name="robots" content="noindex, follow">
<meta name="robots" content="index, nofollow">
<meta name="robots" content="noindex, nofollow">
ket:
index = memiliki fungsi supaya SE mengindex halaman tersebut
noindex = kebalikan dari index
follow = supaya SE mengikuti semua link yang berada di halaman tersebut
nofollow = kebalikan dari follow
Parameter diatas juga dapat diterapkan di googlebot
Adapun parameter tambahan untuk googlebot sebagai berikut:
noarchive, nosnippet, noodp, NONE ( sama dengan "noindex, nofollow) untuk lebih lengkapnya, anda bisa lihat disini
<meta name="google" value="notranslate">
Meta di atas berfungsi agar google tidak bisa mentranslate content kita.
<meta name="verify-v1" content="�">
Meta verivy-1 adalah layanan google sitemap for webmaster. Attribute content diisi dengan kode yang telah diberikan google. Layanan ini mengharuskan anda untuk mempunyai google account. Fungsi layanan ini digunakan agar situs atau blog kita cepat terindex google.
<meta http-equiv="Content-Type" content="�; charset=�">
Untuk pendefinisian content-type suatu halaman. Meta ini biasa dipakai oleh webmaster pro.
<meta http-equiv="refresh" content="�;url=�">
Meta tersebut merupakan fungsi redirect suatu halman. Pada attribute content, parameter pertama di isi dengan waktu dalam detik. contoh: 0, 1; parameter url diisi dengan alamat url tujuan redirect kita.
Meta sangatlah penting bagi kita seorang webmaster, untuk itu pelajaran meta tag bukan sampai disini saja. Lain kali, saya akan membahasnya secara detil. See u next time...
0 komentar:
Posting Komentar