Sabtu, 09 Oktober 2010

memasang favicon di joomla
Cara Otomatis

Yang saya maksud otomatis di sini, kita tidak perlu repot menyiapkan icon sendiri. Hanya saja kita harus menginstal komponen tambahan pada Joomla! kita melalui backend. Komponen yang saya pakai di sini adalah com_phocafavicon yang bisa anda download di: Donlot Gratisan

Sebelum melakukan penginstalan, ada baiknya anda persiapkan dulu gambar yang akan dijadikan icon, lebih baik yang memiliki panjang dan lebar yang sama, texturenya jelas kalau diperkecil dan simpanlah dalam bentuk .jpg dengan nama terserah anda, misalnya Aku.jpg. Setelah itu upload gambar anda ke server, bisa melalui filezilla ke folder 'images/phocafavicon'.

Selanjutnya,instalah komponen anda melalui tab instal/uninstal di control panel Joomla. Setelah sukses arahkan mouse ke Component kemudian klik Phoca favicon dan klik create favicon.


Ikuti 3 tahap seperti gambar diatas:

1. Pilih template yang anda pakai.
2. Pilih image yang telah diupload.
3. Create favicon.

Untuk melihat hasilnya, bersihkan dahulu history dan cache browser anda,untuk Mozilla Firefox arahkan mouse ke Tools kemudian clear private data atau (tekan Ctrl+shift+Del bersama-sama). Untuk Internet Explorer arahkan mouse ke Tools kemudian Delete Browsing History...

Cara Manual

Bagi yang tidak mau membebani joomla anda dengan komponen baru, berikut cara termudah yang bisa anda lakukan :

1. Buat icon sesuka anda berukuran 16x16 pixel dan namai dengan favicon.ico Bingung cara membuat icon? Buat saja secara online, kunjungi link:Dynamic DriveKemudian browse file anda, create icon dan download.
2. Kemudian upload icon anda bisa menggunakan Media Manager (Site > Media Manager) atau filezilla ke direktori tempat default favicon berada, biasanya di:

http://webkamu.com/templates/template_kamu/favicon.ico

atau tempat lain, mohon untuk dicek ulang. Namai favicon lama sebaiknya dibackup terlebih dahulu.

Jika cara di atas tidak berhasil,alternatif lain upload icon anda ke direktori /images/ kemudian edit index.php di folder template anda, kemudian tambahkan code berikut sebelum tag </head> :


Lihat hasilnya dengan membersihkan history browser anda terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Send Us A Email

Address

ContactInfo

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Cupiditate veritatis modi, sunt atque, reprehenderit aut!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Cupiditate veritatis modi, sunt atque, reprehenderit aut!

Address:

25, Lomonosova St. Moscow, Russia, 665087

Phone:

+01 7070771723, +01 8956412305

Email:

support@myname.com