Rabu, 06 April 2011

Menambah dan Menginstal Module OpenCart

Module, ekstensi atau plugin mungkin bisa kita gunakan sebai pelengkap atau fitur tambahan yang bisa kita tambahkan dan hapus dengan mudah. Begitu juga dengan OpenCart yang memiliki module default, seperti Category, Information, Manufacture, BestSeller, Featured, Cart dan beberapa lainnya. Selain module default kita juga bisa menambahkan module lainnya yang bisa kita dapatkan secara gratis atau dengan membelinya (commercial license). Bagaimana cara menambahkan dan menginstal module tambahan pada OpenCart? Oke, simak baik-baik artikel kali ini agar Anda bisa menambahkan dan menginstal OpenCart sendiri.



Sebagai bahan latihan penulis akan coba menambahkan module social network. Silakan download disini atau disini untuk mendapatkan modulenya. Penulis asumsikan Anda sudah menginstal OpenCart di webserver dan sudah online.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sesudah Anda mendownload module socialnetwork.zip, silakan ekstrak.
  2. Buka folder socialnetwork Anda akan mendapatkan dua buah folder yaitu Catalog dan Admin.
  3. Jalankan FTP client, kebetulan penulis menggunakan FileZilla.
  4. Login ke FTP hosting Anda.
  5. Masuk ke direktori tempat Anda menginstal OpenCart. Misalnya saja jika Anda menempatkannya di direktori utama maka posisinya akan berada di /public_html/ dimana didalamnya akan kita temukan folder admin, catalog, image, system dan download.
  6. Pilih folder catalog dan admin dari socialnetwork, lalu drag (pindahkan) ke direktori /public_html/. File catalog dan admin akan otomatis ditempatkan pada pathnya masing-masing.
  7. Tunggu sampai proses upload module selesai.
  8. Sesudah itu login dan masuk ke halaman admin.
  9. Pilih menu Extensions > Modules.

    menu extensions modules

  10. Pada halaman Module cari module Social Network. Klik tombol Install, sesudha itu klik link Edit.

    halaman module

  11. Lakukan konfigurasi, seperti pengaturan posisi, pengaktifan, dan setting lain yang diperlukan.

    konfigurasi module

  12. Klik tombol Save.
  13. Module sudah bisa dijalankan.

    socialnetwork module

Untuk module lainnya caranya sebenarnya hampir sama. Jangan lupa berkunjung ke MataMaya Cart, banyak module gratisan yang bisa di download ;)




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 komentar:

  1. Maf gan nwbi mau tanya kalu menghapus file modul yang tidak termakai gimana supaya bisa di delet sekaligus seperti menghapus plugin wp ketika di delet langsung terhapus dengan file-filenya

    BalasHapus

Contact

Send Us A Email

Address

ContactInfo

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Cupiditate veritatis modi, sunt atque, reprehenderit aut!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Cupiditate veritatis modi, sunt atque, reprehenderit aut!

Address:

25, Lomonosova St. Moscow, Russia, 665087

Phone:

+01 7070771723, +01 8956412305

Email:

support@myname.com